Akbar Senin Sharing-06

Senin Sharing by :
Nur Akbar Busroh
Mahasiswa IPB Jurusan Informatika, sub jurusan Multimedia
Periode KP Feb-Apr 2017


Dunia modern saat ini sangat memanjakan manusia. Perkembangan teknologi tidak hanya terbatas pada apa yang kita gunakan sehari-hari, tapi juga semua hal yang menyangkut panca indera kita, salah satunya mata. Semua orang berlomba untuk mewujudkan bagaimana sebuah visual semakin tampak nyata. Sehingga sebuah adegan yang mustahil dapat terasa benar-benar terjadi. Dari sinilah, istilah visual effect mulai terdengar.

DEFINISI VISUAL EFFECT
Visual effect atau efek visual adalah serangkaian proses pembuatan gambar yang menyertakan proses manipulasi tertentu di luar adegan pengambilan gambar syuting asli. Dalam pengerjaannya, untuk menciptakan visual effect yang sempurna tidak hanya membutuhkan teknologi yang canggih, namun juga keterampilan dalam mengkomposisikan keseluruhan visualnya agar adegan “ajaib”nya tidak terasa janggal. Oleh karena itu, hasil visual effect ini dapat juga dikategorikan sebagai karya seni.

SEJARAH VISUAL EFFECT
Ternyata, visual effect telah ada sejak tahun1895, dalam film “The Execution of Mary,Queen of Scots”. Sebelumnya, visual effect digunakan untuk pertunjukan sulap. Contoh film lain yang menggunakan visual effect adalah The Seven Voyages of Sinbad pada tahun 1958 dan Jason and the Argonauts (1963).

FUNGSI VISUAL EFFECT
Mengapa visual effect digunakan? Ternyata  fungsinya membuat hampir semua perfilman masa kini menggunakannya. Di antaranya adalah :

  • Memvisualisasikan adegan yang tidak dapat dicapai dengan alat biasa
  • Memanipulasi adegan yang menghabiskan biaya besar
  • Mencegah terjadinya cidera karena peralatan dan adegan yang berbahaya

 

TEKNIK VISUAL EFFECT
Cara mengolah visual effect ada 2, yakni :

  1. Mechanical Effect, adalah memanipulasi gerakan
  2. Optical Effect, adalah memanipulasi visual

 

TIM PRODUKSI

Terdapat 3 posisi yang paling penting dalam sebuah tim produksi visual efek. Siapa sajakah mereka?

  1. VFX Director, bertanggungjawab mengawasi proses produksi visual efek.
  2. VFX Rigger, bertugas menyiapkan dan mengendalikan model-model miniatur, boneka makhluk (figure), atau benda-benda lain yang menjadi subjek pengambilan gambar.
  3. VFX Supervisor, bertugas sebagai kepala kru.

 

ISTILAH-ISTILAH DALAM VISUAL EFFECT

Keying / compositing : mengkomposisikan efek-efek sehingga menjadi satu scene.

keyinh
Contoh Compositing

Color correction / color grading : memperbaiki warna dan pencahayaan yang tidak tercapai di kamera. Dengan color correction, kita bisa mengubah tone warna film, sehingga kesan yang didapat bisa lebih terasa. Misalnya mengubah warnanya menjadi lebih terang, lebih gelap, atau memiliki kesan usang.

 

color-correction
Contoh Color Correction

Chroma keying : teknik menyeleksi area yang tidak digunakan dalam penyuntingan selanjutnya. Umumnya, chroma keying digunakan untuk mentransparansikan warna latar belakang. Warna yang umum dipakai adalah biru dan hijau, karena kedua warna tersebut merupakan warna yang kontras dari warna mayoritas kulit makhluk hidup. Hukumnya kalau di gambar tersebut lebih banyak terdapat warna hijau, maka yang dipakai adalah biru dan begitu pula sebaliknya.

Rotoscoping : teknik untuk menyeleksi obek-objek tertentu yang berada di gambar. Teknik ini biasanya dipakai untuk menyeleksi objek bergerak maupun objek diam dengan kamera yang bergerak.

Rotobrush : dapat (sangat) mempercepat pekerjaan rotoscoping, karena rotoscoping umumnya membutuhkan pembuatan garis yang dibuat secara manual terlebih dahulu ke sekeliling area yang ingin diseleksi, sedangkan rotobrush cukup menyapukan brush ke sebagian area, kemudian area lain yang terdeteksi sejenis akan otomatis terseleksi.

 

chroma-keying
Contoh Chroma Keying, Rotobrush, dan Rotoscoping ; Chroma keying adalah menghilangkan layar hijau dan menggantinya dengan background yang diinginkan, sedangkan rotobrush & rotoscoping adalah menyeleksi bagian depan.

Computer Generated Imagery (CGI) : teknologi digital imaging dengan tetap melibatkan kemampuan akting aktor terutama gestur dan mimik sang aktor untuk kemudian disadur ke dalam bentuk fisik karakter yang dimainkannya. Misalnya, Benedict Cumberbatch dalam The Hobbit, pembuatan video clip Coldplay-Adventure of a Lifetime. Software-software yang digunakan dalam pembuatan CGI antara lain adalah Autodesk 3D Max, Autodesk Maya, dan Blender.

cgi
Contoh CGI

Layer & Node : berfungsi sama seperti di Photoshop, yakni sebagai lapisan namun diaplikasikan dalam sebuah video.

layer
Contoh Layer
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s