Senin Sharing Adri-05Senin Sharing by :
Adri Prasetyo


Teori mengenai “memelihara ikan di rumah akan membawa ketenangan bagi penghuninya” telah banyak kita dengar. Selain suara gemericik airnya yang menyenangkan di telinga kita, memperhatikan ikan berenang akan memberikan ketenangan. Kita yang menyenanginya kemudian menikmati dunia ikan ini dalam kolam ikan maupun aquarium.

Teman-teman sekalian, ternyata aquarium tidak sekadar media hidup bagi ikan. Seorang yang bernama Takashi Amano menekuni dunia aquarium ini dengan serius. Sejak 1987, ia mengembangkan sebuah bentuk aquarium baru dengan menggabungkan Suiseki dan Bonseki. Suiseki adalah seni penataan batu, sedangkan Bonseki adalah seni menciptakan landscape miniatur di atas nampan khusus. Dengan menggabungkan kedua seni ini, sebuah aquarium bisa menjadi karya seni “hidup” yang bisa menghiasi rumah kita. Seni ciptaan Amano ini kemudian dinamakan “Iwagumi Aquascape”.

Sebagaimana prinsip dan filosofi yang ada dalam sebuah taman Jepang klasik, dalam Iwagumi Aquascape batu merupakan “tulang” dari seluruh tata letak. Menurut Amano, ketika batu telah diposisikan dengan benar, maka sisa komponen yang lain hanya tinggal mengikuti. Oleh karena itu, peletakan batu ini menjadi sangat penting. Sebagai langkah pertama, pilihlah batu terbesar (Oyaishi) dan tempatkan off-center (tidak ditengah), atau lebih mudahnya menggunakan rule of thirds. Cara menggunakan rule of thirds adalah dengan membagi aquarium 3 mendatar dan 3 menurun, kemudian 4 titik yang bertemu itu menjadi titik pilihan untuk meletakkan batu terbesar ini.

rule of thirds
Rule of Thirds

Setelah Oyaishi, batu terbesar kedua (Fukuishi) dapat ditempatkan di kedua sisi kiri atau kanan dari Oyaishi. Fukuishi harus serupa dalam tekstur atau harus jenis batu yang sama dengan Oyaishi dan biasanya diposisikan seperti bersandar pada Oyaishi, seakan-akan takluk pada Oyaishi. Batu terbesar ketiga dinamakan Soeishi. Tempatkan sesuai rule of thirds, yakni di posisi yang akan menonjolkan kekuatan Oyaishi. Kemudian, batu terakhir adalah Suteishi, ditempatkan di daerah yang akan membuat keseluruhan komposisi terasa menyatu. Terkadang, Suteishi disembunyikan oleh flora, yang membuatnya dikenal juga dengan sebutan “batu korban”.

Peraturan dalam meletakkan batu ini tidak kaku. Jika kamu terbiasa mengkomposisikan sesuatu, kamu dapat menggunakan “perasaan” untuk komposisi batu yang “enak dilihat”. Pada dasarnya, batu-batu ini tetap terasa saling berhubungan dengan seluruh komponen, termasuk aquariumnya itu sendiri.

batu
Jenis Batu Iwagumi Aquascape

Setelah menata batu, kita bisa mulai memasukan flora dan fauna ke dalamnya. Flora dan fauna digunakan pun khusus, biasanya berbentuk mungil agar tampak detail dan manis. Karpet tumbuhan seperti Dwarf Hairgrass banyak digunakan sebagai alasnya. Flora aquascape dikelompokkan menjadi green plant, yellow & orange plant, dan red plant. Namun pemilihannya disesuaikan dengan komposisi yang diinginkan, tidak harus ditempatkan semuanya. Begitu pula dengan faunanya, biasanya yang memiliki fisik mini. Berikut ini beberapa contoh lainnya :

tanaman
Flora Aquascape
fauna
Fauna Aquascape

Untuk meletakkan flora pun ada seninya tersendiri. Ada beberapa aquascaper yang menanam dari bijinya, ada pula yang meletakkan tumbuhan yang sudah tumbuh. Namun, syarat memasukkan fauna adalah ketika flora di dalamnya telah stabil dan kandungan air telah netral kembali. Kemudian, ketika memilih ikan, pilihlah yang dapat mendukung harmoni dalam aquascape. Secara keseluruhan, sebuah aquascape seharusnya memberikan efek yang meditatif, bukan sekadar menghibur.

Jika kamu tertarik pada hobi ini, berikut ini rekomendasi link youtube yang mudah untuk dipahami :

Juga beberapa dokumentasi karya Takashi Amano :

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s