Senin Sharing Qodeer-07Senin Sharing by :
Andi Abdulqodir (Bang Qodir)


Benua Afrika seringkali dihubungkan dengan orang primitif, perbudakan, alam liar, dan hal-hal lain yang nampak jauh dari dunia modern. Namun jika kita lihat dari sudut pandang lain, hal yang kita anggap primitif tadi ternyata sebuah idealisme yang “menjunjung tinggi kebudayaannya”. Bukan berarti mereka tidak mau maju, tetapi mereka sangat kokoh menghargai adat istiadat dan tradisi yang telah mendarah-daging. Idealisme bahwa mereka lebih menghargai alam dibandingkan teknologi. Hal-hal seperti ini yang seringkali tidak dipahami oleh manusia yang hidup di lingkungan dan dunia modern.

Berbicara tentang kebudayaan, di Afrika Barat, tepatnya di Nigeria, terdapat sebuah tradisi festival yang sangat menarik. Tradisi ini dinamakan Egungun, yang berarti “powers concealed”, atau kekuatan yang tersembunyi. Apa yang membuatnya menarik? Mari kita selami lebih dalam.

Definisi Egungun

Kata “egun” dalam bahasa Yoruba berarti tulang, yang mengaitkannya dengan tulang-belulang manusia. Dikemas dalam sebuah festival, Egungun adalah manifestasi nyata dari roh-roh leluhur yang sudah meninggal. Roh-roh ini diyakini secara berkala mengunjungi manusia yang masih hidup ini untuk mengingatkan, merayakan, dan memberkati. Mereka percaya nenek moyang memiliki tanggungjawab untuk menegakkan standar etika dari generasi masa lalu klan mereka. Orang-orang Yoruba, atau penduduk asli Nigeria, sering menyebut festival ini sebagai “awon ara orun” yang artinya tamu dari dunia setelah kehidupan, atau dengan kata lain pengunjung dari akhirat. Para tamu dari akhirat ini mengunjungi manusia di dunia dengan cara “merasuki” salah satu anggota keluarga yang mengenakan sebuah kostum. Dalam satu perkampungan, akan terdapat beberapa Egungun yang mewakili keluarga masing-masing. Festival berlangsung beberapa hari untuk mempersatukan keluarga dan masyarakat dengan leluhur yang sudah meninggal.

Syarat Peserta Egungun

Egungun hanya dapat dilakukan oleh anggota laki-laki dari sebuah keluarga, sedangkan wanita hanya diperbolehkan berpartisipasi dalam paduan suara yang menyanyikan pujian dan membacakan sejarah keluarga. Peserta atau perwakilan keluarga yang ikut dalam festival ini harus menutupi seluruh tubuhnya dari kepala hingga kaki, tidak boleh tampak kulitnya sedikit pun. Kemudian, setelah memakai kostum ini, mereka bukan lagi manusia tetapi sudah menjadi jelmaan nenek moyangnya.

Kostum Egungun

Kostum Egungun
Source: https://africa.si.edu/exhibits/resonance/44.html

Kostum terbuat dari kain-kain yang berbeda, baik lokal tenun maupun industri tekstil. Selain kain, kostum ini dihias dengan bahan-bahan dari logam, manik-manik, kulit, tulang, dan lain-lain. Gaun atau kostum yang semakin rumit dan semakin berlapis mencerminkan kekuatan sosial dan prestise.

kostum egungun 5
Semakin tebal lapisannya, semakin tinggi kelas sosialnya

A Second-skin Costume

Seorang bernama Nick Cave yang berasal dari Missouri, Amerika Serikat, memiliki sebuah kepedulian yang tinggi terhadap kesenjangan, baik itu dilihat dari gender, ras, dan kelas sosial. “Pengkotakan” ini membuat seseorang dinilai sebelum mereka berinteraksi dan mengungkapkan jati dirinya. Kemudian ia membuat karya yang menyuarakan hal ini. Karyanya yang dinamakan “soundsuits” ini merupakan sebuah kostum yang mengkondisikan jiwa si pemakainya lepas dari kesengsaraan dan juga sebagai “kulit lapisan kedua” yang melindunginya dari penilaian-penilaian sosial.

Nick Cave
Nick Cave

I’m trying to remove gender, race and class forcing you to look at the work without judgement. It may be something that is unknown or unfamiliar.

Do I as a human being have the ability to take a moment before reacting to something that I don’t understand?

Fear really becomes and important factor. How do we sort of come to fear as a starting point?

-Nick Cave-

Soundsuits
Soundsuits by Nick Cave

Yang membuat karya ini lebih mengagumkan, tidak hanya kostumnya saja yang memiliki konsep dan makna. Ketika kostum tersebut dilepas, ternyata mannequin di dalamnya berkulit hitam.

Soundsuit mannequin
Mannequins of Soundsuits

Pada dasarnya, Nick Cave tidak menyebutkan secara langsung, namun apakah menurutmu Nick Cave terinspirasi dari Egungun Festival?

Yang masih penasaran bagaimana festival ini diselenggarakan, berikut ini cuplikannya :

Courtesy of Youtube : Maria Nunes

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s