Mari Berpuasa

Senin Sharing Arum-09Senin sharing by :
Arum Kartikaningbudi

Salah satu ibadah yang dilakukan umat muslim adalah berpuasa. Dalam satu tahun, setidaknya umat muslim berpuasa selama satu bulan, yakni di Bulan Ramadhan pada Kalender Hijriah. Umat muslim memulai dan menyelesaikan puasanya pada batas-batas hari, tepatnya  dimulai saat fajar dan berakhir pada senja. Sehingga, lamanya puasa umat muslim dalam sehari bisa beragam, tergantung di negara mana kamu berada. Misalnya pada tahun 2014, lama puasa di Australia sekitar 9 jam, sedangkan di Eropa dapat mencapai 20 jam. Namun, di balik usaha menahan lapar dan dahaga ini, ternyata puasa banyak bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita, diantaranya :

  • pemecahan cadangan lemak
  • tekanan darah yang lebih mudah terkontrol
  • proses peremajaan sel-sel tubuh
  • penurunan berat badan
  • perbaikan lemak darah
  • perbaikan gula darah
  • anti penuaan
  • detoksifikasi

Mengapa bisa? Nah, beginilah yang terjadi dalam tubuh kita.

  1. ORGAN PENCERNAAN akan beristirahat bekerja dan saatnya membersihkan dirinya. Puasa memberikan kesempatan bagi organ pencernaan untuk membersihkan sisa-sisa pencernaan yang ada di dalamnya dan mengeluarkan racun yang sudah menumpuk.

ANatomy of human digestive system

  1. LIVER memproduksi ketone. Sebagian dari kelebihan lemak yang dikonsumsi, diangkut dari sel usus halus oleh darah ke liver untuk disimpan dalam bentuk jaringan adipose. Lemak yang disimpan dalam liver ini juga dapat diurai kembali melalui suatu proses rumit yang terjadi dalam liver. Liver mengurai asam lemak dan menghasilkan ketone yang dilepas ke darah sebagai salah satu bahan pembentuk tenaga dalam sel.
  1. JANTUNG dapat mengalirkan darah ke anggota tubuh yang lain. Darah yang dipompa oleh jantung ke organ pencernaan akan lebih sedikit, sehingga jantung akan memompa lebih banyak darah ke bagian lain dari tubuh, termasuk di antaranya otak.

lungs

  1. PARU-PARU mengeluarkan racun-racun tubuh. Seseorang yang menjalankan puasa, bahan racun yang ada di dalam tubuh akan dikeluarkan melalui proses air kencing dan juga melalui pernafasan. Proses berpuasa itu seperti orang yang melakukan istirahat tubuhnya. Itu berarti sama dengan membersihkan racun-racun di dalam tubuh.
  1. GINJAL lebih mudah menyerapair dan garam karena aktivitas dialisis meningkat.
  2. SUHU TUBUH menurun, karena metabolisme menurun.
  3. SEL DARAH PUTIH bertambah.
  4. Mengurangi nutrisi pada pertumbuhan abnormal seperti KANKER, TUMOR, VIRUS, BAKTERI.

 

Pada dasarnya, keefektifan organ-organ tersebut bekerja sesuai dengan bagaimana pula kita beraktivitas pada hari itu. Jika kita perlakukan dengan tidak benar, seperti buka puasa dengan terlalu banyak minyak dan gula yang tidak sehat, tentunya sistem yang telah diperbaiki selama 13 jam berpuasa akan sia-sia saja. Puasa bukan perihal “menahan”, tapi “melatih” lapar, dahaga, dan nafu, dan “mereset” kerja organ dalam tubuh kita, yang pada akhirnya juga berpengaruh pada sikap dan perilaku kita. Seperti pepatah asing berkata, you are what you eat. Prinsip “melatih nafsu” tidak hanya dilakukan pada saat berpuasa saja, tetapi juga setelah berbuka puasa hingga sahur. Bukan berarti tidak boleh makan enak, tapi usahakan tidak berlebihan. Makanan yang enak juga ada yang sehat, lho. Maka, ketika kamu mengadakan buka puasa bersama teman-teman, pilihlah menu berbuka yang ramah pada organ-organmu dan hargai latihanmu sepanjang siang tadi.

4fbf7167761509079eba85df0b133d84

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s